Inilah Beberapa Tips Membuat Blog Bisnis Online

Sekarang ini blog yang awalnya digunakan untuk kebutuhan pribadi ternyata telah diubah menjadi kebutuhan dalam kegiatan pemasaran bahkan memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Selain itu, mengintegrasikan blog bisnis dengan situs web perusahaan termasuk cara efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis.

Hanya saja memang masih ada sebagian orang yang meremehkan dampak blogging terhadap dunia bisnis. Nyatanya, sebagian orang masih belum paham bagaimana cara membuat blog untuk bisnis. Dalam bisnis kecil, blog mungkin termasuk hal yang penting yang mendorong bisnis tumbuh. Alasannya adalah blog perusahaan itu murah, mudah dikelola, serba guna, fleksibel, dan "laku".

Langkah Membuat Blog Bisnis

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog Bisnis

Tentukan tujuan membuat blog bisnis apakah untuk menampung cerita perusahaan, menjual produk / layanan, berbagi keterampilan, mempromosikan atau mengintegrasikan? Disarankan bahwa blog untuk usaha kecil dirancang untuk mendukung situs web perusahaan, berfungsi sebagai halaman arahan, menjadi alat pemasaran dan memberikan tips untuk bisnis kecil.

2. Pilih Platform Blog

Setelah menentukan tujuan membuka blog bisnis, langkah selanjutnya adalah menentukan platform mana yang akan digunakan. Biasanya, banyak orang yang akan merekomendasikan Anda menggunakan WordPress yang termasuk platform yang sering digunakan untuk pribadi maupun bisnis.

Bukan hanya itu saja, WordPress juga termasuk platform yang SEO Friendly sehingga memiliki banyak penawaran plugin di mana dengan ini maka website Anda bisa saja menempati peringkat pertama dalam mesin pencarian dengan lebih mudah. Namun Anda juga tentu harus pintar mengurus dan mengatur blog Anda agar kualitas blog tetap terjaga dan tidak merugikan bisnis Anda.

3. Buat Rencana Konten

Dalam mencapai tujuan bisnis Anda, konten blog bisnis juga harus diperhatikan. Buatlah rencana konten apa yang akan dibuat sebelum dipublikasikan. Bagian dari rencananya adalah meneliti kata kunci yang akan digunakan pada konten blog. Anda bisa menggunakan gadget seperti Perencana Kata Kunci Google atau Ubersuggest. Anda juga dapat menggunakan alat berbayar seperti Wordstream.com, WordTracker dan KeywordDiscovery.com.

4. Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri

Setelah itu Anda juga harus menetnukan layanan web hosting untuk blog bisnis Anda dan juga domain yang akan digunakan. Sekarang ini sudah banyak penyedia layanan hosting web dengan paket perangkat lunak tertentu. Penggunaan domain juga disarankan menggunakan milik Anda sendiri karena kredibilitas akan meningkat dan juga SEO Friendly.

5. Mudah Dibagikan

Pastikan bahwa blog Anda mudah dibagikan ke media lain atau dari teman ke teman sehingga blog akan lebih dikenal luas termasuk dengan menanggapi komentar pembaca dan memastikan konten Anda didistribusikan di saluran media sosial yang relevan dengan bisnis Anda.

Apabila Anda menulis artikel tentang bisnis kecil, disarankan untuk memposting silang konten blog Anda  agar bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Dengan menjadi administrator blog yang responsif, meskipun pembaca hanya memberikan komentar singkat, kehadiran / pendapatnya akan membuat mereka merasa dihargai. Pada saat yang sama jika konten blog Anda mudah disebarkan di berbagai saluran sosial media maka Anda akan mendapatkan pembaca yang baru.

6. Bentuk Tim

Tentunya, Anda harus memiliki tim yang solid dan menarik. Setidaknya, Anda harus memiliki editor untuk mengatur pekerjaan penulis. Yang penting bahwa mereka harus memiliki semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, karena membuat blog bisnis membutuhkan dedikasi dan komitmen yang berkelanjutan untuk bisnis online Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *